The Hidden Oracle (Trials of Apollo #1) – Rick Riordan a.k.a. Buku yang Mengobati Kerinduanku akan Rumah

33957614The Hidden Oracle (Trials of Apollo #1)
Rick Riordan
472 halaman
2017
Paperback – Mizan Fantasi (Noura Publishing)

gr

synopsis

Apollo tidak pernah merasa seterhina ini selama empat ribu tahun kehidupannya!

Semua orang mengenalnya sebagai dewa paling tampan, paling berbakat, dan paling populer. Namun, kini wujudnya yang mengagumkan berubah menjadi sesosok remaja culun berambut keriting, dengan muka berjerawat dan perut menggelambir bernama Lester Papadopoulos!

Sang Dewa Musik tidak lagi memiliki satu kekuatan dewata pun dan tanpa sengaja malah membuat dirinya terikat menjadi pesuruh seorang demigod remaja bernama Meg.

Siapa yang membuat Apollo dikutuk menjadi manusia fana dan berakhir di dalam salah satu tong sampah di New York? Apa yang harus dia lakukan demi mendapatkan kembali wujud dewatanya dan pulang ke Olympus?

thought

Oke aku tahu ini sangat ketinggalan tahun (bukan zaman yang jelas) sekali. Buku kedua, The Dark Prophecy, saja sudah terbit. Sebenarnya aku telah membaca edisi English sampai kira-kira setengahnya dulu kala di pertengahan 2016, tapi mandeng karena suatu hal yang aku tidak ingat apa (yang jelas berhubungan dengan menjadi siswa tahun terakhir sekolah menengah atas). Lalu sewaktu aku sedang menyia-nyiakan waktu dengan instagram dan menemukan postingan Uncle Rick bahwa The Dark Prophecy keluar hari itu dan menemukan diriku tidak terlalu antusias aku baru ingat aku belum menyelesaikan The Hidden Oracle.

Jadi aku memulai lagi.

Aku tidak menyiapkan diriku untuk jatuh hati pada Apollo (maksudku dia itu Apollo) tapi di akhir buku, aku memutuskan aku benar-benar jatuh hati😳. Aku sangat menikmati dan menyangka bagaimana dia terkejut menemukan alam semesta tidak berpusat padanya dan bagaimana menurutnya alam semesta dahulunya berpusat padanya. Tapi aku sangat menikmati dan tidak menyangka seiring berjalannya cerita dia menjadi sejenis smol Apollo yang cemas yang ingin kupeluk.

tumblr_nrs7l2f2lh1ubrghjo1_500

Lalu ada Will dan Nico yang akhirnya resmi menjadi canon (aku sangat bahagia untuk kalian teman-teman💕), referensi-referensi nostalgik PJO dan HOO, teman-teman penghuni Camp Half-Blood yang menyebalkan tapi juga hangat, dan tentu saja kehadiran Percy dan Leo, aku tidak bisa tidak tersenyum setiap kali mereka mendapat jatah muncul, apalagi Leo bakalan muncul banyak-banyak di buku kedua.

Aku juga menemukan diriku lebih menyambung dengan Meg McCaffrey daripada Piper McLean (ya aku perlu membuat perbandingan ini selain karena nama belakang mereka yang sama-sama diawali Mc).

Beberapa orang mengatakan The Hidden Oracle sangat basi dan hanya mengulang formula yang sama dengan buku terdahulu. Tapi bagiku membaca karya Uncle Rick terasa seperti pulang ke rumah. Cerita, latar, humor, tokohnya terasa familiar tapi juga terus mengejutkan.

tumblr_nqo4dtlmwu1urkf02o1_500

Sekarang aku hanya perlu menunggu dengan sabar (aku tidak ingin terburu-buru mendapat kesempatan membaca The Dark Prophecy untuk pertama kalinya) sampai Noura Books menerbitkan edisi Bahasa karena terlalu malas membaca edisi English😌.

toss

Aku tidak yakin apakah ini termasuk spoiler karena kukira kalian akan langsung tahu sejak awal berkat huru-hara biji-bijian, persik, dan lain-lain.

Yang lain tampak kebingungan. Lalu pendar tersebut bertambah terang: arit holografis keemasan beserta beberapa berkas gandum, berputar-putar tepat di atas Meg McCaffrey.

Seorang anak lelaki di tengah khalayak terkesiap. “Dia komunis!”

I lost it right there.

Kutipan ini sangat cocok sebagai anekdot ironi untuk dicetak di atas pamflet dan disebarluaskan kepada masyarakat Indonesia.

5 star

Leave a Reply

